Selasa, 09 Mei 2017

Definisi Diri Sendiri

        
        Nama saya adalah Dwi Setiawan Lahir di Bogor, pada 19 November tahun 1997 . Saya adalah anak kedua dari dua bersaudara. Kakak saya seorang perempuan dia telah berkeluarga, Ayah saya berprofesi sebagai karyawan disalah satu perusahaan swasta & ibu saya adalah seorang ibu rumah tangga.


Sifat :

Kelebihan saya dari pandangan orang lain yaitu saya lebih kreatif dalam bidang electrical engioneering dibanding teman sebaya saya.
Kekurangan saya adalah terkadang saya malas dan jika tidak suka dengan pekerjaan tersebut saya kurang semangat mengerjakannya.


Kesukaan :

Kesukaan saya adalah bermain logika pada bidang electrical engineering dan merakit sebuah rangkaian control pada sebuah alat. Saya sangat tidak suka apabila orang-orang terdekat saya tidak mendukung saya dalam hal kebaikan.


Keinginan :

Saya ingin sekali memiliki usaha pada usia muda sehingga memiliki penghasilan sendiri agar dapat mmembantu meringankan beban orang tua untuk biaya kuliah.


Harapan :

Saya berharap akan lebih baik kedepannya dan sukses pada usia muda sehingga bisa membanggakan orang tua.


Cita-cita :

Cita-cita yang sudah tercapai yaitu memberikan prestasi yang membanggakan diantaranya:
  1.  Juara kelas.
  2.  Mewakili kota Bekasi di Jawa Barat dalam Lomba Kompetensi Siswa tingkat SMK bidang Industrial Control.
  3.  Juara 1 Lomba Kompetensi Siswa tingkat SMK se-Kota Bekasi dalam bidang Electrical Engineering.
  4. Juara 2 Lomba Kompetensi Siswa tingkat SMK se-Jawa Barat dalam bidang Electrical Engineering
  5.  Juara 1 Technical Skill Competition di PT.Bridgestone Tire Indonesia.

Cita-cita yang belum tercapai yaitu menjadi pengusaha yang sukses dan bisa membanggakan keluarga.

Selasa, 18 April 2017

Rangkuman Memanusiakan Manusia

Memanusiakan Manusia


Manusia dan Cinta Kasih
Cinta, pengertiannya sama dengan kasih sayang sehingga kalau seseorang mencintai orang lain, artinya orang tersebut berperasaan kasih sayang atau berperasaan suka terhadap orang lain tersebut. Cinta memegang peranan yang penting dalam kehidupan manusia, demikian pula cinta adalah pengikat yang kokoh antara manusia dengan Tuhannya sehingga manusia menyembah Tuhan dengan ikhlas, mengikuti perintah-Nya, dan berpegang teguh pada syariat-Nya.
Dalam kehidupan manusia, cinta menampakkan diri dalam berbagai bentuk, mulai dari seseorang yang mencintai dirinya, istrinya, anaknya, hartanya dan Tuhannya. Bentuk cinta ini melekat pada diri manusia yang kadarnya bisa berubah menurut situasi dan kondisi yang mempengaruhinya. Berbagai bentuk cinta dapat diuraikan sebagai berikut:
        a)       Cinta diri
Cinta diri erat hubungannya dengan menjaga diri. Cinta kepada diri sendiri perlu diimbangi pula dengan cinta terhadap orang lain untuk berbuat baik.
        b)       Cinta kepada sesama manusia
Motivasi seseorang mencintai sesama manusia, menurut presepsi sosiologis disebabkan karena manusia itu merupakan makhluk sosial.
        c)       Cinta seksual
Cinta erat kaitannya dengan dorongan seksual, cinta seksual merupakan bagian dari kebutuhan manusia yang dapat melestarikan kasih sayang, keserasian, dan kerja sama antara suami dan istri.
        d)       Cinta kebapakan
Hal ini tampak dalam cinta bapak terhadap anaknya karena ia merupakan sumber kesenangan dan kegembiraan dalam hidupnya, sumber kekuatan dan kebanggaan,dan merupakan faktor penting bagi kelangsungan peran bapak dalam kehidupan.
        e)       Cinta kepada Allah SWT
Puncak cinta manusia yang paling bening, jernih dan spiritual ialah cinta dan kerinduannya kepada Allah. Tidak hanya sholat, pujian dan doanya ditujukan kepada Allah, tetapi semua tindakan dan tingkah lakunya ditujukan kepada Allah dengan mengharapkan penerimaan ridla-Nya.
        f)        Cinta kepada Rasul (Nabi Muhammad SAW)
Hal ini disebabkan karena rasul bagi kaum muslimin merupakan contoh ideal yang sempurna baik dalam tingkah laku, moral, maupun berbagai sifat luhur lainnya dan juga merupakan suri teladan yang mengajarkan Al-Qur’an dan kebijaksanaan.
        g)       Cinta kepada orang tua
Cinta kepada ibu-bapak dalam ajaran agama Islam sangat mendasar, menentukan ridla tidaknya Tuhan kepada manusia.

Manusia dan Keindahan
Keindahan dari kata “indah”, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek, dan sebagainya. Kawasan keindahan manusia sangat luas, seluas keanekaragaman manusia dan sesuai dengan perkembangan peradaban teknologi, sosial, dan budaya. Keindahan merupakan bagian kehidupan manusia yang tidak dapat dipisahkan di mana pun, kapan pun, dan oleh siapa pun.

o  Nilai Estetik
Nilai yang berhubungan dengan segala sesuatu yang tercakup dalam pengertian keindahan disebut nilai estetik. Unsur-unsur yang berada di dalam hasil suatu karya turut menentukan kadar estetika yang ditampilkan.

o  Makna Keindahan
Berikut beberapa persepsi tentang keindahan:

a.       Keindahan adalah sesuatu yang mendatangkan rasa menyenangkan bagi yang melihat. (Tolstoy)
b.       Keindahan adalah keseluruhan yang merupakan susunan yang teratur dari bagian-bagian yang saling berhubungan satu sama lain, atau dengan keseluruhan itu sendiri. Atau “beauty is an order of parts in their manual relation and in their relation to the whole. (Baumgarden)
c.        Yang indah hanyalah yang baik. Jika belum baik, ciptaan itu belum indah. Keindahan harus dapat memupuk perasaan moral. Jadi ciptaan-ciptaan yang amoral tidak bisa dikatakan indah, karena tidak dapat digunakan untuk memupuk moral. (Sulzer)
d.       Keindahan dapat terlepas sama sekali dari kebaikan. (Winchelman)
e.        Yang indah adalah yang memiliki proporsi yang harmonis. Karena proporsi yang harmonis itu nyata, maka keindahan itu dapat disamakan dengan kebaikan. Jadi, yang indah adalah nyata dan yang nyata adalah yang baik. (Shaftesbury)
f.        Keindahan adalah sesuatu yang dapat mendatangkan rasa senang. (Hume)
g.        Yang indah adalah yang paling banyak mendatangkan rasa senang, dan itu adalah yang dalam waktu sesingkat-singkatnya paling banyak memberikan pengalaman yang menyenangkan. (Hamsterhuis)

Bertolak dari berbagai pendapat tersebut sebenarnya kita dapat menempatkan pada kelompok-kelompok tersendiri sesuai dengan berbagai pendapat yang ada, yaitu sebagai berikut:

        a)       Pengelompokan pengertian keindahan berdasar pada titik pijak atau landasannya
      Dalam hal ini ada 2 pengertian keindahan, yaitu:
1)      Keindahan yang obyektif, adalah keindahan yang memang ada pada obyeknya sementara kita sebagai pengamat harus menerima sebagaimana mestinya.
2)      Keindahan subyektif, adalah keindahan yang biasanya ditinjau dari segi subyek yang melihat dan menghayatinya.

       b)       Pengelompokan pengertian keindahan dengan berdasar pada cakupannya
     Bertitik tolak dari landasan ini kita bisa membedakan antara keindahan sebagai kualitas abstrak   (beauty) dan keindahan sebagai sebuah benda tertentu yang memang indah (the beautiful).

       c)       Pengelompokan pengertian keindahan berdasar luas-sempitnya
   Dalam pengelompokan ini kita bisa membedakan antara pengertian keindahan dalam arti luas, dalam arti estetik murni, dan dalam arti yang terbatas. Keindahan dalam arti luas menurut The Liang Gie, mengandung gagasan tentang kebaikan. Sementara itu, keindahan dalam arti estetik murni menyangkut pengalaman estetik seseorang dalam hubungannya dengan segala sesuatu yang diserapnya. Adapun keindahan dalam arti terbatas mempunyai arti yang lebih sempit lagi, yaitu hanya menyangkut benda-benda yang dapat diserap melalui penglihatan, atau hanya berupa keindahan bentuk dan warna.


Manusia dan Penderitaan
Kata penderitaan berasal dari kata “derita” (dhra dalam bahasa Sansekerta), artinya: menahan atau menanggung sesuatu yang tidak menyenangkan, baik itu secara lahir maupun batin. Penderitaan tidak pernah dipisahkan dari kehidupan manusia, yang berupa keluh kesah, kesengsaraan, kelaparan, kepanasan, dan lain-lain. Penderitaan ini bisa terjadi kapan saja dan kepada siapa saja. Penderitaan datang dan pergi tidak pandang bulu. Untuk itulah manusia harus bekerja keras agar terlepas dari penderitaan.

        a)       Penderitaan sebagai fenomena universal
Penderitaan sebagai fenomena universal tidak mengenal ruang dan waktu, dapat terjadi pada kehidupan masa lalu, kini, dan masa yang akan datang. Selain itu juga dapat menimpa siapapun.
        b)       Penderitaan sebagai anak penguasaan
Penderitaan yang terjadi tidak jarang justru disebabkan oleh faktor manusia sendiri. Penderitaan manusia yang satu tidak bisa dilepaskan dari ulah manusia lainnya. Ini semua sulit terbantahkan, karena penderitaan itu pada dasarnya merupakan anak penguasaan.

Berikut ini hal-hal yang berkaitan dengan penderitaan:
       ·         Siksaan
      Berbagai bentuk siksaan antara lain, yaitu bisa berupa siksaan di dunia dan siksaan setelah berada di alam baka. Adapun bentuk siksaan di dunia dapat berupa bencana alam, siksaan hati, siksaan badan, penyakit, dan lain-lain.
       ·         Rasa Sakit
     Rasa sakit adalah rasa yang tidak enak bagi si penderita. Penderitaan yang berupa rasa sakit dan siksaan merupakan satu rangkaian peristiwa yang tidak dapat dipisah-pisahkan. Karena adanya siksaan dan rasa sakit membuat orang menjadi menderita. Dalam pengalaman sehari-hari manusia dikenal adanya tiga macam rasa sakit, yaitu sakit hati, syaraf atau jiwa, dan sakit fisik.                  
       ·         Neraka
   Jika manusia mengingat akan dosa maka terbayanglah neraka, sehingga terlintas dalam alam pikiran manusia adanya siksaan, rasa sakit, dan penderitaan yang hebat. Hal ini menandakan bahwa antara neraka, siksaan, rasa sakit, dan penderitaan mempunyai hubungan sebab-akibat yang tidak dapat dipisah-pisahkan. Manusia masuk neraka karena dosa, maka jika berbicara tentang dosa berarti berkaitan juga dengan kesalahan.


Manusia dan Keadilan
Keadilan adalah pengakuan dan perlakuan yang seimbang antara hak dan keawajiban. Berbicara tentang keadilan pada dasarnya tidak bisa terlepas dari kata “hak” dan “kewajiban”. Berdasarkan etis, manusia dituntut tidak hanya menuntut hak dan melupakan kewajiban. Karena jika manusia hanya menuntut akan hak, sikap dan tindakannya akan mengarah pada pemerasan dan memperbudak orang lain. Sebaliknya, jika manusia hanya menjalankan kewajiban dan lupa menuntut haknya maka akan mudah diperbudak atau diperas orang lain. Dengan demikian, keadilan itu diperlukan untuk bisa membedakan mana yang hak dan mana yang kewajiban. Berdasarkan macamnya keadilan dapat dibedakan menjadi tiga macam:
a.    Keadilan legal.
b.    Keadilan distributif.
c.    Keadilan komunikatif.
Tokoh-tokoh filsafat seperti Plato dan Aristoteles juga tidak mau ketinggalan melontarkan konsep keadilan. Plato pernah mengatakan bahwa keadilan dan hukum merupakan substansi rohani umum dari masyarakat yang membuat dan menjaga kesatuannya. Sedangkan, Aristoteles berpendapat bahwa keadilan akan terlaksana bilamana hal-hal yang sama diperlakukan secara sama, dan hal-hal yang tidak sama diperlakukan secara tidak sama pula .

Berikut ini hal-hal yang berkaitan dengan Keadilan:
o    Kejujuran
Jujur Jujur atau kejujuran berarti apa yang dikatakan seseorang akan sesuai dengan hati nuraninya. dapat pula diartikan seseorang yang bersih hatinya dari perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh agama dan hukum.
Setiap orang hendaknya bisa belajar bersikap jujur karena kejujuran mendatangkan ketentraman hati, menghilangkan rasa takut, membuat orang tegas, dan yang paling penting mendatangkan keadilan.
o    Kecurangan
Kecurangan artinya apa yang dikatakan tidak sesuai dengan hati nurani. Kecurangan menyebabkan manusia menjadi serakah, tamak, ingin menimbun kekayaan yang berlebihan dengan tujuan agar dianggap sebagai orang yang paling hebat, dan senang apabila masyarakat di sekelilingnya hidup menderita.
o    Keutamaan Nama Baik
Nama baik berhubungan dengan perilaku baik, yang identik dengan kebenaran dan terpuji, sehingga tidak tercela semasa hidupnya. Tingkah laku atau perbuatan baik dengan nama baik pada hakekatnya sesuai dengan kodrat manusia, yaitu:
a.       Manusia menurut sifat dasarnya adalah makhluk bermoral;
b.       Ada aturan-aturan yang berdiri sendiri yang harus dipatuhi manusia untuk mewujudkan dirinya sendiri sebagai pelaku moral tersebut.
Nama baik ini harus dipertahankan, sehingga jika terjadi pencemaran nama baik maka perlu pemulihan nama baik. Pemulihan nama baik adalah kesadaran manusia akan segala kesalahannya, bahwa yang diperbuatnya selama ini tidak sesuai dengan akhlak. Untuk memulihkan nama baiknya, seseorang harus bertaubat dan meminta maaf.
o    Pembalasan
Pembalasan adalah suatu reaksi atas perbuatan orang lain. Reaksi itu dapat berupa perbuatan yang serupa. Pembalasan bisa bersifat positif atau negatif. Dalam pergaulan bisa terjadi pembalasan, pergaulan yang bersahabat akan mendapatkan balasan yang bersahabat.



Puisi


1. Manusia dan Cinta Kasih

Curahan Isi Hati
                                                                       
Waktu terus berjalan
Detik demi detik, Menit demi menit dan bahkan hari pun telah berganti
Kini hanya lewat mimpi kita bisa bertemu

Dulu setangkai mawar telah kutanam di kebun hatimu
Dengan semua cinta dan kasih sayangku
Agar kau tau betapa besarnya cintaku padamu

Namun, kini semuanya telah berubah
Semenjak ada pengacau itu, kau mengacuhkanku
Menghiraukanku
Dan tidak memperdulikanku lagi
Bahkan, kau membiarkan bunga mawar yang kutanam itu layu

Disaatku merindukanmu, kau tak sadar akan hal itu
Disaatku terjatuh, kau bersenang-senang dengannya
Hanya waktu yang melihat itu semua
Dan tak seorang pun mengetahuinya

Biarkan angin bertiup sangat kencang
Membawa semua kerinduan yang ada dalam bayanganku
Tak ada lagi ingatan semua tentangmu
Biar waktu yang membuat itu semua hilang

Ungkapan isi hati ini
Ku curahkan jadi puisi
Ku harap kau mengerti


2. Manusia dan Keindahan 

Indahnya Alamku Tak Seperti Egomu

Indahnya alam negeriku
Laut yang membentang luas nan biru
Hutan yang lebat mengelilingimu
Langit pun tersenyum melihatmu

Namun ketika senja datang
Hewan hewan berlarian
Burung burung berterbangan
Ada apa gerangan?

Tiba tiba muncul sosok merah di dalam hutan
Satu persatu pohon mulai runtuh
Tanah pun menjadi hitam karnanya
Asap mulai bermunculan dimana mana

Kemanakah mereka yang membuatmu seperti ini?
Akankah mereka bersedia untuk menemanimu?
Atau hanya duduk manis dirumah dan melihatmu di televisi
Mungkin hanya tanah hitam dan kabut itu yang setia menemanimu


3. Manusia dan Penderitaan

Penderitaan Si Miskin

Para petinggi merebutkan harta
Antara si miskin dan si kaya tampak berbeda kasta
Yang lemah semakin tertindas tak berdaya
Dan yang kuat semakin berkuasa

Tak ada lagi cerita dalam membantu sesama
Hanya ego lah yang menguasai diri
Koruptor pun kini merajalela
Tanpa peduli akan rakyat jelata

Kolong jembatan kini sesak akan penghuni
Kardus - kardus itu bagaikan kasur nyaman
Tak peduli akan dinginnya angin malam
Bahkan terkadang harus melawan dinginnya hujan.

Sementara itu manusia berdasi berebut kursi
Duduk manis dengan perut buncitnya
Menghiraukan semua janji – janji
Harta si miskin pun terus menerus digali

Inikah kewarasan dari negeri nan elok
Dihuni oleh tikus - tikus berdasi
Sudah puaskah anda rampas harta kami
Kami hanya terdiam sampai menunggu keajaiban


4.Manusia dan Keadilan

Keadilan yang musnah

Disaat yang benar di salahkan
Disaat yang menang di kalahkan
Disaat yang lurus di belokkan
Disaat yang tiada di ada-ada

Terkadang hidup tidaklah mudah
Salah bisa menjadi benar
Di saat benar justru menjadi salah
Ntah siapa yang akan di benarkan

Saling tuduh saling menyalahkan
Siapa yang lemah dia yang kalah
Semakin banyak uang semakin menang
Ntah siapa yang ingin di benarkan

Masalah besar yang selalu menjadi kecil
Dan masalah kecil yang berujung dengan sangat besar
Orang kecil yang semakin salah
Dan orang besar lah yang selalu mendapat kebenaran

Dimanakah keadilan itu berada ?
Mungkin kah sudah tidak lagi ada ?

Semoga kalian sadar
Dan kembali pada hal yang benar

Rabu, 15 Maret 2017

Rangkuman IBD

Latar belakang, Tujuan Ilmu Budaya Dasar, serta hubungan Manusia dengan Kebudayaan dan Kesusastraan.

Latar Belakang
Secara sederhana IBD adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang diekembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Istilah IBD dikembangkan petama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris “the Humanities”. Adapun istilah humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin humnus yang astinya manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari th humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan mempelajari the humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Agar manusia menjadi humanus, mereka harus mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping tidak meninggalkan tanggungjawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.
Untuk mengetahui bahwa ilmu budaya dasar termasuk kelompok pengetahuan budaya lebih dahulu perlu diketahui pengelompokan ilmu pengetahuan. Prof Dr.Harsya Bactiar mengemukakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan dalam tiga kelompok besar yaitu :

1.Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince ). Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hokum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan. Atas dasar ini lalu dibuat prediksi. Hasil penelitian 100 5 benar dan 100 5 salah

2.Ilmu-ilmu sosial ( social scince ) . ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tapi hasil penelitiannya tidak 100 5 benar, hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antara manusia initidak dapat berubah dari saat ke saat.

3.Pengetahuan budaya ( the humanities ) bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.
Pengetahuan budaya (the humanities) dibatasi sebagai pengetahuan yang mencakup keahlian (disilpin) seni dan filsafat. Keahlian inipun dapat dibagi-bagi lagi ke dalam berbagai hiding keahlian lain, seperti seni tari, seni rupa, seni musik,dll. Sedangkan ilmu budaya dasar (Basic Humanities) adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
Dengan perkataan lain IBD menggunakan pengertian-pengertian yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan budaya untuk mengembangkan wawasan pemikiran serta kepekaan mahasiswa dalam mengkaji masalah masalah manusia dan kebudayaan.

Ilmu budaya dasar berbeda dengan pengetahuan budaya. Ilmu budaya dasar dalam bahasa Ingngris disebut basic humanities. Pengetahuan budaya dalam bahas inggris disebut dengan istilah the humanities. Pengetahuan budaya mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai mahluk berbudaya (homo humanus). Sedangkan ilmu budaya dasar bukan ilmu tentang budaya, melainkan mengenai pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan budaya.


Tujuan Ilmu Budaya Dasar
Penyajian mata kuliah ilmu budaya dasar tidak lain merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dengan demikian mata kuliah ini tidak dimaksudkan untuk mendidik ahli-ahli dalam salah satu bidang keahlian yang termasuk didalam pengetahuan budaya (the humanities) akan tetapi IBD semata-mata sebagai salah satu usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nlai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri. Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut IBD diharapkan dapat :
1.Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka
2.Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemansiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
3.Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bagnsa dan Negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat
4.menguasahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Dengan memiliki satu bekal yang sama, para akademisi diharapkan akan lebih lancer dalam berkomunikasi.

Hubungan manusia dan Kebudayaan
Manusia dan kebudayaan merupakan salah satu ikatan yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan ini. Manusia sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna menciptakan kebudayaan mereka sendiri dan melestarikannya secara turun menurun. Budaya tercipta dari kegiatan sehari hari dan juga dari kejadian – kejadian yang sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa.
Kebudayaan berasal dari kata budaya yang berarti hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Definisi Kebudyaan itu sendiri adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Namun kebudayaan juga dapat kita nikmati dengan panca indera kita. Lagu, tari, dan bahasa merupakan salah satu bentuk kebudayaan yang dapat kita rasakan.
Secara sederhana hubungan antara manusia dengan kebudayaan ketika manusia sebagai perilaku kebudayaan,dan kebudayaan tersebut merupakan objek yang dilaksanakan sehari-hari oleh manusia
Di dunia sosiologi manusia dengan kebudayaan dinilai sebagai dwitunggal,maksudnya walaupun keduanya berbeda tetapi merupakan satu kesatuan yang butuh,ketika manusia menciptakan kebudayaan,dan kebudayaan itu tercipta oleh manusia.

• Contoh-Contoh Hubungan Antara Manusia dengan Kebudayaan        
1)       Kebudayaan-kebudayaan khusus atas dasar faktor kedaerahan
Contoh: Adat-istiadat melamar di Lampung dan Minangkabau. Di Minangkabau biasanya pihak permpuan yang melamar sedangkan di Lampung, pihak laki-laki yang melamar.
2)       Cara hidup di kota dan di desa yang berbeda ( urban dan rural ways of life)
Contoh: Perbedaan anak yang dibesarkan di kota dengan seorang anak yang dibesarkan di desa. Anak kota bersikap lebih terbuka dan berani untuk menonjolkan diri di antara teman-temannya sedangkan seorang anak desa lebih mempunyai sikap percaya pada diri sendiri dan sikap menilai ( sense of value )
3)       Kebudayaan-kebudayaan khusus kelas sosial
Di masyarakat dapat dijumpai lapisan sosial yang kita kenal, ada lapisan sosial tinggi, rendah dan menengah. Misalnya cara berpakaian, etiket, pergaulan, bahasa sehari-hari dan cara mengisi waktu senggang. Masing-masing kelas mempunyai kebudayaan yang tidak sama, menghasilkan kepribadian yang tersendiri pula pada setiap individu.
4)       Kebudayaan khusus atas dasar agama
Adanya berbagai masalah di dalam satu agama pun melahirkan kepribadian yang berbeda-beda di kalangan umatnya.
5)      Kebudayaan berdasarkan profesi
Misalnya: kepribadian seorang dokter berbeda dengan kepribadian seorang pengacara dan itu semua berpengaruh pada suasana kekeluargaan dan cara mereka bergaul. Contoh lain seorang militer mempunyai kepribadian yang sangat erat hubungan dengan tugas-tugasnya. Keluarganya juga sudah biasa berpindah tempat tinggal.

Hubungan Manusia dan Kesusastraan
Manusia dan kesusastraan memiliki hubungan yang saling mengisi. Manusia adalah makhluk Tuhan yang paling sempurna yang diberi akal dan pikiran untuk berhubungan dengan sekitarnya. Untuk saling berinteraksi dengan sesama, manusia membutuhkan suatu alat komunikasi, yaitu bahasa.
Dengan menggunakan bahasa juga, sesama manusia bisa saling bertukar informasi. Sebagai makhluk hidup yang mempunyai akal dan pikiran, manusia dapat berfikir mana yang baik dan mana yang buruk, dan juga dapat memperkaya ilmu pengetahuan.
Di dalam sastra, manusia juga berperan penting dalam membudayakan sebuah bahasa, dan tidak hanya bahasa saja, tapi sastra lain seperti drama dan teater. Diperlukan keahlian yang khusus untuk dapat memainkan peran yang baik menggunakan bahasa yang baik pula. Sastra juga termasuk seni yang bisa dikembangkan dengan baik oleh manusia yang berkreatif. Tanpa adanya manusia, sastra pun tidak akan pernah muncul, karena sastra berakar dari kepribadian seorang manusia itu sendiri.



Menurut saya dari pembahasan diatas dapat ditarik kesimpulan:
  • ·         Pada hakikatnya manusia adalah makhluk yang berakal, berbudi, dan berbudaya.
  • ·         Wujud budaya dapat bersifat konkret yaitu sebagai ide, gagasan, norma dan peraturan bagi manusia dan abstrak yaitu sebagai tinfakan, peraturan, dan aktivitas manusia.
  • ·         Kebudayaan merupakan hasil cipta, karsa, rasa manusia yang diperoleh dari perkembangan manusia sebagai masyarakat.

Sumber : 

https://marcuslaurentiushardianto.wordpress.com/2016/04/14/manusia-dan-kesusastraan/