ABSTRAK
Tujuan dari penggunaan
multimedia di antaranya, Multimedia dalam penggunaannya dapat meningkatkan
efektivitas dari penyampaian suatu informasi, penggunaan multimedia dalam
lingkungan dapat mendorong partisipasi, keterlibatan serta eksplorasi pengguna
tersebut, aplikasi multimedia dapat merangsang panca indera dan perasaan
penerimanya, karena dengan penggunaannya multimedia akan merangsang beberapa
indera penting manusia, seperti: Penglihatan, pendengaran, gerak maupun suara.
Dalam pengaplikasiannya multimedia akan sangat membantu penggunanya, terutama
dalam hal belajar. Dalam hal ini secara khusus bagi masyarakat awam. Semakin
berkembangnya teknologi, semakin berkembang juga ilmu dan cara berpikir kita
sebagai pengguna teknologi itu. Dalam kehidupan sehari-hari, Internet telah
memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dunia. Pada umumnya semua yang
terdapat dalam kehidupan kita terdapat dalam internet. Iklan internet
mendefinisikan ulang arti dari iklan dalam tulisan biasa. Iklan internet
merupakan media kaya, dinamis, orang ke orang, interaktif dan dapat menjangkau
sejumlah besar orang dengan biaya relatif murah. Iklan yang membayar operasi
layanan web, seperti halnya iklan yang menutup biaya siaran televise sehingga
kita dapat menonton televisi tanpa membayar. Multimedia mengubah cara orang
berbelanja. Daripada lelah menelusuri toko ke toko lain untuk memperoleh barang
dengan ukuran dan corak yang anda inginkan dan kemudian anda harus antri di
kasir, dengan layanan teleshopping atau home shopping memungkinkan anda
berbelanja dari rumah.
BAB
1 PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Teknologi
multimedia memungkinkan terjadinya penyampaian informasi dengan lebih cepat,
interaktif dan menarik. Pemanfaatannya telah diterapkan dalam berbagai bidang,
seperti kesehatan, bisnis, hiburan, pendidikan dan berbagai kepentingan umum
lainnya. Dalam bidang pendidikan, multimedia menjadi teknologi yang mempermudah
proses pembelajaran. Dengan menggunakan multimedia, pengajar dapat menyajikan
gambaran benda yang kompleks, berukuran sangat kecil atau sangat besar, serta
peristiwa yang berlangsung sangat cepat dan berada di tempat yang jauh dalam
bentuk yang menarik. Hal ini bermanfaat dalam meningkatkan imajinasi, pemahaman
dan minat pelajar, terutama anak-anak. Multimedia banyak digunakan sebagai
media penyampaian informasi yang efektif karena hal tersebut dilakukan dengan
menggabungkan bermacam – macam elemen multimedia, diantaranya adalah teks,
gambar, suara, video, dan animasi sehingga informasi yang disampaikan menjadi
lebih jelas. Aplikasi multimedia berkembang sangat pesat, khususnya pada bidang
smartphone. Lima tahun terakhir
perkembangan smartphone sangatlah signifikan, terlihat dari produsen smartphone
yang membuat fitur – fitur berbeda yang
sesuai penggunaan smartphone itu sendiri. Penggunaan smartphone saat ini tidak
hanya hanya pada media komunikasi saja. Smartphone kemudian digunakan sebagai
sarana hiburan, salah satunya adalah untuk bermain game.
1.2 RUMUSAN MASALAH
Dari
latar belakang multimedia diatas, timbul suatu pokok pembahasan berkaitan
dengan pengantar multimedia yaitu :
Manfaat dan kegunaan
multimedia bagi masyarakat.
Kegunaan multimedia bagi
masyarakat
1.3 TUJUAN
Untuk mengetahui manfaat
multimedia bagi masyarakat.
Untuk mengetahui penggunaan
multimedia dalam kehidupan sehari-hari.
BAB
2 PEMBAHASAN
2.1 MANFAAT MULTIMEDIA BAGI
MASYARAKAT [1][2]
A. Di Bidang Pendidikan
Berikut
ini adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki teknologi multimedia untuk menjadi
alat bantu pilihan bagi kegiatan belajar-mengajar:
·
Multimedia membuat pelajar mengerti isi
pelajaran
·
Multimedia membuat siswa mengingat dengan
mudah tentang isi pelajaran
·
Multimedia menyampaikan isi pelajaran dengan
canggih dan berkesan
·
Multimedia mampu menjadi sumber pengetahuan
·
Multimedia mampu mencari hubungan antara satu
ilmu dengan ilmu lain
·
Multimedia mampu menunjukkan dunia sekitar
yang kaya dengan ilmu pengetahuan
·
Multimedia kaya dengan berbagai aktivitas
pembelajaran
·
Multimedia mampu menghibur selama proses
pembelajaran
·
Multimedia membuat terjadinya interakti
antara siswa dengan teknologi terkini
·
Multimedia memberi peluang kepada guru untuk
mengubah kaidah pengajaran
·
Multimedia membuat proses belajar dan
mengajar menjadi lebih menyenangkan
·
Multimedia memudahkan pembelajaran yang
berpusatkan pada siswa karena siswa diberi kebebasan memilih bahan pembelajaran
sendiri dan belajar pada kadar yang sesuai dengan diri sendiri
·
Multimedia mengajari setiap siswa dengan gaya
pembelajaran yang berbeda
·
Multimedia menggalakkan pembelajaran
kooperatif dan interaktif di antara siswa melalui diskusi
·
Multimedia memudahkan pembelajaran yang
berasaskan konstruktivisme.
·
Multimedia memudahkan siswa mempunyai
kebebasan belajar sendiri tanpa dipengaruhi oleh pihak-pihak lain.
Siswa
dapat memilih bahan pembelajaran sendiri dan belajar dengan kadar yang sesuai
dengan minat dan kehendak sendiri.
B. Di Bidang Kesehatan
Mempermudah
Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung
pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ dalam pasien
dengan sinar X. Sebagai contoh saat perawatan Almarhum Mantan Presiden Soeharto
di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, tahun 2008. Dengan teknologi modern bisa
memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam seperti Jantung, Paru-paru
dan Ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yang digabungkan dengan teknologi
Informasi dan Komputer.
C. Bidang Transportasi
Dengan
komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di
program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat
dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian
tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah
diprogram di dalam kmputer.
Dengan
komputer, narigasi kapal laut bisa
ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di
Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan
komputer.
D. Bidang Jasa Pengiriman
Barang
Kantor
Pos bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan akurat.Dengan
adanya komputer dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima
surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap , jadi dunia menjadi
semakin sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepatnya.
E. Bidang Industri Otomotif
Mobil-mobil
di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan
bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan
bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah
ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga
manusia.
F. Bidang Jasa Konstruksi
Dengan
komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan
dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain
menggunakan program CAD, sedangkan untuk perhitungan analisis dan penganalisa
kekuatan menggunakan program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan
bantuan komputer.
G. Bidang Jasa Percetakan
Percetakan koran, majalah , buku-buku, semua
dikerjakan dengan mesin yang di operasikan oleh komputer sehingga dalam waktu
singkat bisa mencetak buku atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan bahkan
jutaan exemplar, bisa menghemat waktu dan biaya, seandainya dikerjakan dengan
manual oleh manusia, butuh berapa ribu orang untuk mengetik di kertas koran dan
perlu berapa lama untuk menyelesaikan, keburu berita menjadi basi dantidak
up-to date lagi.
H. Bidang Industri Perfilman
Semua efek-efek di dunia akting , animasi, dan
penyotingan adegan film semua di rekam dengan perangkat elektronik yang
dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga di kembangkan mempergunakan
animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer. Sebagai contoh film-film Hollywood berjudul TITANIC itu sebenarnya tambahan
animasi untuk menggambarkan kapal raksasa yang pecah dan tenggelam, sehingga
tampak menjadi seolah-olah mirip dengan kejadian nyata.
2.2 PENGGUNAAN MULTIMEDIA BAGI
KEHIDUPAN SEHARI-HARI[3][4]
Sudah
kita ketahui bersama bahwa penggunaan multimedia pada saat ini sangat
bermanfaat dan membantu kita dalam mengatasi masalah dan memudahkan proses
pembelajaran. Gabungan teks, grafik, audio, video dan animasi menjadikan daya
tarik sendiri dalam dunia multimedia.Sebagai contoh multimedia dalam dunia
pendidikan, seorang guru atau pengajar dapat dengan mudah menjelaskan dan siswa
pun dapat dengan mudah memahami konsep yang ingin disampaikan oleh guru.
Dalam mengajar misalnya guru boleh
menggunakan teks, grafik dan animasi dalam hal ini guru tidak perlu susah payah
menerangkan atau menggambar di papan tulis seluruh pelajaran tersebut, cukup
dengan menggambil gambar dari layanan internet lalu mempresentasikan kepada
siswa atau siswi dikelas.multimedia akan sangat membantu penggunanya, terutama
dalam hal belajar. Dalam hal ini secara khusus bagi masyarakat awam. Semakin
berkembangnya teknologi, semakin berkembang juga ilmu dan cara berpikir kita
sebagai pengguna teknologi itu. Dalam kehidupan sehari-hari, Internet telah
memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dunia. Pada umumnya semua yang
terdapat dalam kehidupan kita terdapat dalam internet.
Multimedia
mengubah cara orang berbelanja. Daripada lelah menelusuri toko ke toko lain
untuk memperoleh barang dengan ukuran dan corak yang anda inginkan dan kemudian
anda harus antri di kasir, dengan layanan teleshopping atau home shopping
memungkinkan anda berbelanja dari rumah.multimedia dapat digunakan untuk
bermacam-macam bidang pekerjaan, tergantung dari kreatifitas untuk
mengembangkannya. Setelah mengetahui defenisi dari multimedia serta
elemen-elemen multimedia yang ada, serta aplikasi-aplikasi yang saat ini
digunakan pada bidang kehidupan manusia, maka dapat diketahui bahwa tujuan dari
penggunaan multimedia adalah sebagai berikut:
Multimedia dalam penggunaannya dapat
meningkatkan efektivitas dari penyampaian suatu
informasi.Penggunaan multimedia dalam lingkungan dapat mendorong
partisipasi, keterlibatan serta eksplorasi pengguna tersebut.
Multimedia
memiliki banyak kegunaan dalam kehidupan sehari-hari dalam segala bidang,
seperti bidang pendidikan, bidang industri, bidang kesehatan dll. Baik untuk
pekerjaan, kegiatan di rumah, hiburan atau lain sebagainya. Beberapa contoh
kegunaan multimedia:
1.
Bidang periklanan yang efektif dan
interaktif.
2.
Bidang industri, seperti dalam pembuatan
prototype cara kerja mesin.
3.
Bidang kesehatan, seperti dalam penyuluhan
dan himbauan kepada masyarakat.
4.
Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan
pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena
dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik.
5.
Bidang jaringan dan internet yang membantu
dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif, dan
lain-lain.
Dengan
adanya Multimedia hampir semua orang dapat merasakan manfaatnya, kita bisa mendapatkan informasi
dengan mudah.
BAB
3 PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Pada
zaman sekarang yang segala sesuatu dengan menggunakan teknologi tidak lepas
dari multimedia yang melengkapi teknologi tersebut, itu kenapa multimedia
mempunyai peranan yang penting dari segala aspek, karena multimedia merupakan
pemicu (triggers) pembaca memperoleh sesuatu yang 'lebih' dibandingkan topik
yang dipelajari. Tidak hanya itu peranan multimedia akan sangat efektif dalam
penyampaian informasi; faktanya menurut Computer Technology Research (CTR):
1.
Orang mampu mengingat 20% dariapa yang
dilihat
2.
Orang mampu mengingat 30% dariapa yang
didengar.
3.
Orang mampu mengingat 50% dariapa yang
didengar, dilihat dan dilakukan
Multimedia
dapat ditempatkan dimana saja selama masyarakat membutuhkan akses ke sumber
informasi elektronik. Multimedia mengubah sajian tradisional komputer yang
berupa teks, menjadi suatu media yang menarik perhatian dan keingintahuan.
Penerimaan informasi menjadi semakin baik, dan jika disusun secara baik,
multimedia juga bisa menjadi amat menghibur.
Multimedia
juga menjembatani dan menjangkau masyarakat yang sedikit alergi terhadap bentuk
penyampaian standard komputer kedalam bentuk yang lebih mudah dapat diterima
dan mudah digunakan. Pada bagian ini dijelaskan penggunaan multimedia didalam
lingkup rumah tangga, pendidikan, tempat umum dan lingkup usaha / bisnis.
DAFTAR
PUSTAKA
[1]http://drahmanisa.blogspot.co.id/2013/11/fungsi-dan-manfaat-multimedia.html
[2]http://www.habibullahurl.com/2016/04/peran-multimedia.html
[4]https://irfano.wordpress.com/2014/05/06/pentingnya-multimedia-dalam-kehidupan-sehari-hari/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar